Minggu, 26 Juli 2015

Tes AFS/YES 2015 tahap 1 keberangkatan 2016/2017

July 26, 2015
   
     Apasih AFS itu? jadi AFS itu singkatan dari American Field Service, merupakan organisasi pertukaran pelajar yang beroperasi di lebih dari 60 negara di lima benua. Di Indonesia sendiri, AFS bermitra dengan Bina Antarbudaya dalam memberikan kesempatan untuk memperoleh pendidikan antarbudaya secara global. Dan kali aku bakal nyeritain pengalamanku ikut dalam program pertukaran pelajar ini. Tesnya dimulai pukul 08.00 pagi di tempat yang udah ditentuin sama blog chapter. Di tes tahap 1 (tes tulis), kalian harus bener-bener update tentang berita dalam maupun luar negeri, juga harus banyak baca tentang pengetahuan-pengetahuan umum lainnya, mesti siapin mental juga karena tesnya bisa dibilang cukup banyak, ehe. Jadi di tahap 1 ini ada 3 tahapan juga, yang pertama adalah soal pengetahuan umum berjumlah 100 soal pilihan ganda, pengetahuannya luas banget, kalian bukan cuman ditanyain soal-soal pelajaran, bahkan ada soal tentang film, novel, pembalap motor/? dan banyak lainnya, beberapa soal yang aku inget sih gini 
  1. Nama Presiden Rusia.. (waktu itu masih Pak Vladimir Putin)
  2. Aktor utama dalam film The Raid.. (Iko Uwais dong)
  3. Isi perjanjian Linggarjati.. (Belanda mengakui kedaulatan RI atas Sumatera, Jawa, dan Madura)
  4. Presiden RI ke 7.. (kalau nggak salah soalnya gini, lupa gaes)
  5. Wapres RI ke.. (ini lupa ditanya yang keberapa, yang jelas jangan males buat hafalin nama Presiden dan Wapres RI dari awal sampai akhir ya, masa pemerintahannya juga kalau bisa dihafalin..)
  6. Propinsi yang dilewati garis Khatulistiwa.. (hafalin peta Indonesia ya + peta dunia)
  7. Indonesia terletak pada.. (ini pilihannya letak astronomis, jadi 6º LU – 11º LS dan 95º BT - 141º BT)
  8. Hari Bumi jatuh pada.. (22 April, eh writer lupa ditanyain hari apa, hari bumi, buku atau air ya? yang jelas hafalin hari-hari juga oke?oke)
  9. Nama Menpora yang sedang menjabat.. (kalau ga salah ditanya menpora)
  10. Peraih Nobel perdamaian 2014.. (Malala Yousafzai dan Kailash Satyarthi)
  11. Film The Theory of Everything menceritakan tentang.. (Stephen Hawking)
  12. Ada beberapa judul buku dan kita harus pilih mana yang bukan karangan Dee Lestari
  13. Peraih nominasi Film Bioskop Terbaik dalam FF1 2014.. (Cahaya dari Timur: Beta Maluku)
  14. Ibukota Ukraina.. (Kiev)
   
     Cuman hafal itu aja pertanyaannya, selebihnya lupa.. maafkan, maklum kan sudah berbulan-bulan ya gak gaes? Btw, gimana soalnya? keren kan? tips-tipsnya ga banyak, kalian harus banyak-banyak-banyak baca berita dan hal-hal ter-update lainnya (yakali udah tau mba kalo itu *peace*), kumpulin berita-berita dua tahun sebelumnya juga, sering sering buka Atlas dan RPUL, rajin hafalin negara-negara di lima benua beserta ibukota dan mata uangnya. Kalau kebanyakan, pilih beberapa negara yang memungkinkan muncul di soal, misal, di tahun itu ada gempa besar di Nepal, nah sekalian dicari mata uang dan ibukotanya juga. Terus nama-nama Presiden yang baru aja ganti masa pemerintahannya, para peraih nobel atau penghargaan lainnya, aktris-aktor yang menang dalam ajang penghargaan baik dalam maupun luar negeri seperti Panasonic Gobel Award, FFI, Grammy Award, ataupun Oscar. Materi yang harus dipelajari banyaknya memang minta ampun, kepalaku juga berasap waktu baca semua berita itu secara langsung (ga sempat nyicil karena kebanyakan tugas /ea/sokbanyaktugas/padahalmales/gakding) ada juga soal matematika waktu UN SMP, tapi ga susah kok, kan udah pernah dipalajari yakan? sip?sip. Wawasan Nusantara-nya juga jangan lupa di mantepin, lagu nasional, pakaian adat, tarian, dan senjata tradisional juga mungkin ada di soal karena setiap tahun soalnya beda..
     Nah, setelah kalian berpusing ria dengan 100 soal tadi, nanti akan ada istirahat dan dilanjut ke tahap berikutnya, yaitu tes bahasa inggris, ada sekitar 50 soal, tentang grammar, stucture, vocab, similar words, dan lainnya, nah tips untuk tes ini, banyak-banyaklah cari kosakata yang aneh dan belum kalian dengar atau temui sebelumnya, coba dengan cara nonton film pakai sub English dari jauh jauh sebelum tes, baca novel English, dan bukain kamus ehehe..
     Selanjutnya, kalian akan dikasih istirahat lumayan panjang sekalian buat istirahat-sholat-makan, lalu lanjut ke tes tulis essay.. jeng.. jeng.. di tes ini kalian akan di kasih kertas folio dan harus mengungkap jati diri kalian sedalam-dalamnya (cielah bahasaku aduhai-hai-hai--lanjut). Kalian nantinya dikasih selembaran berisi tiga pertanyaan, waktu tes aku pilih pertanyaan no. 3 yang isinya kurang lebih gini "Jika kamu memiliki suatu permasalahan terbesar dalam hidupmu, apa masalah itu dan bagaimana cara kamu mengatasinya." yah begitulah intinya, aku lupa 2 pertanyaan yang lain, lalu kalian harus bikin karangan minimal 1,5 lembar folio, kalian kasih judul, dan ungkapin jati diri kalian seluas-luasnya, kasih nama orang-orang yang menginspirasi kalian untuk menjadi pribadi yang lebih baik atau yang membuat kalian termotivasi. Tapi inget, setiap tahun soalnya ga sama, bisa jadi kalian nanti di tanya, "Kalau kamu menjadi seorang pemimpin, apa yang akan kamu lakukan untuk rakyatmu atau negaramu." Well, siapa yang tahu? waktu ngerjain tes ini aku agak sedikit gugup karena waktu lihat meja depan dan kanan, mereka udah dapet karangan yang panjang, sedangkan aku masih bingung nentuin judul pfft. Lalu dengan segenap jiwa dan raga /ea. aku berhasil selesai dengan hampir 2 lembar folio, dikumpulin dan keluar kelas dengan hembusan nafas dashyat pertanda sudah lelah dengan hari itu (plis padahal ga ngapa-ngapain). 
     Sekitar 2 minggu menunggu penantian apa akan lolos ketahap berikutnya atau tidak, jangan pernah berhenti berdo'a dan selalu minta jalan yang terbaik. Setelah menunggu-nunggu kepastian yang belum pasti /eaa, akhirnya aku buka blog chapter lagi yang ternyata udah ada daftar peserta yang lolos ke tahap berikutnya, and finally! Alhamdulillah aku lolos untuk lanjut tahap 2! makkk bapakkk! aku loloss! (padahal masih tahap 1 udah lebay ini orang /lah), setidaknya pengorbanan otak yang berasap tidak sia-sia, meski harus ninggalin momen penting sehari sebelum tes, but it was worth it, kerja keras akan membuahkan hasil jika disertai do'a dan belajar. Oke, segini dulu pengalaman untuk tahap 1, see you di pengalaman tahap 2 ya, tahap wawancara nih, stay tune!

3 comments:

Alifnisla mengatakan... [ REPLY ]

omg you are cool! <33 gak nyangka following blogku ada yang ikut AFS/? btw congrats kak :3 aku juga pengen ikut AFS hehe tapi masih kelas 9 :3 semangaaatt terus kak semoga bisa lolos sampai tahap terakhir dan akhirnya pergi ke Amrik yuuhuuu

Risnandha Hermawati mengatakan... [ REPLY ]

@Alifnisla F Haai Alif! sebenernya tes AFS udah hampir sampai akhir dan aku gagal di tahap 3 hehe, semangat buat kelas 10nya ya kalau kamu mau ikutan AFS :)

Mutiara Nurul I mengatakan... [ REPLY ]

yaampun keren banget loh ikut AFS:')

 

© 2011 - 2019 Risnandha Hermawati | Powered by Blogger