Rabu, 15 Juni 2016

TES AFS/YES 2015 TAHAP 3 KEBERANGKATAN 2016/2017

June 15, 2016

     Kyaaaaa!! back again guys! back again with me!! *Nandha tidak kalem, Nandha brutal* /skip. Ok. here we go, sebelumnya maafkan karena jarak postingan ini dengan yang sebelumnya terlampau lama. Bukan bermaksud sok sibuk atau apa, tapi emang sibuk. Kemaren abis ditawarin duet sama Ed Sheeran /boong /khayalansemata. Back to topic deh ah. Jadi kali ini bakal nuntasin cerita pengalaman ikut tes AFS/YES, yap, Alhdamdulillah aku lolos di tahap 3, tahap paling asik dan bikin kita semangat punya kenalan temen baru. Di tahap 3 ini bakal ada tes dinamika kelompok, tes ini anggotanya acak, digabung dari sekolah-sekolah lain gitu, dan waktu kenalan kami cuma lima menit sebelum masuk ruangan yang sudah di jaga oleh 3 juri. Satu tim beranggotakan lima orang, tapi di tim aku cuma ada 4 orang karena yang satu ga hadir waktu tes. Jadilah kami ber-empat bersatu menjadi senjata ampuh yang berusaha memecahkan permasalahan yang akan datang.
     Kami masuk satu persatu, duduk kalem dan anteng, terus mulai ditanyain deh.. berawal dari perkenalan, dan saran buat kalian yang sebentar lagi akan maju ke tahap 3, usahain pas di dalam ruangan udah pada kenal satu sama lain sama temen se-tim-nya yaa.. Setelah beberapa menit perkenalan, kita di kasih bungkusan map coklat sama salah satu juri yang isinya selembar kertas permasalahan, gunting, isolasi bening, kertas lipat, tali, dan sedotan warna-warni. Btw, itu semua buat apa? Nah, disitu kami diminta untuk mencari solusi dari permasalahan yang dipaparkan, lalu diaplikasi pada bahan yang telah disediakan. Tim aku dapat permasalahan yang singkatnya gini, 'suatu daerah di Indonesia mengalami kekurangan air, jadi solusinya apa?' dan alhasil terciptalah sebuah kincir air dan geotermal yang bentuknya lucu (karena bahanya itu itu aja, keabisan tali pula hng). Waktu kita mecahin masalah dan bikin alat sekitar setengah jam, terus 15 menitnya presentasi di depan juri. Sebenernya aku ga terlalu paham sih tahap 3 ini dinilai darimana, cuman yang dominan menurut aku diambil dari waktu kita presentasi. Disini kita ga boleh terlalu aktif, dan jangan telalu pasif juga, stay cool. Kita jawab kalem dan santai aja, sesuai apa yang ditanyain jurinya, jangan memaparkan keseluruhan masalah, beri waktu dan kesempatan buat temen kamu yang lain. Disini letak kesalahan aku juga, sepertinya aku terlalu mendominasi hehehew. Setelah presentasi 15-menitan, nanti ada sesi tanya lagi dari para juri, kira-kira pertanyaannya semacam 'apa kamu pantas disebut sang juara?' kalian jabarin deh gimana, inget, jangan terlalu percaya diri, mending cari jawaban-jawaban aman kayak, 'sebenernya semua orang itu adalah sang juara tergantung dimana bidang mereka bla bla bla' gitu hehe, ini yang terakhir deh, abis itu kalian dipersilahkan keluar yeay! tinggal menunggu pengumuman.. jeng jeng jeng. Aku di tahap 3 ga lolos sih.. sempet sedih beberapa hari gitu, tapi akhirnya aku bisa nerima, mungkin masih ada kesempatan yang lain, kesempatan yang lebih indah. Bisa sampai tahap 3 udah seneng banget kok, udah punya beberapa temen baru yang keep in touch sampai sekarang. Apalagi after party-nya, perwakilan dari sekolah aku yang lolos ke tahap 3 ada Kiki, Dana, Anggi, Shylvi, Dewi, Rifan, Zidane dan aku sendiri. Kita pulangnya nonton Jurrasic World sambil makan-makan bareng, ketawa paling heboh di foodcourt sampai telat masuk ke bioskop. Pengalaman yang ga bakal dilupain deh! belum lagi pulangnya ketambahan bakso dari ibu Titin tercinta. Maknyuss.
dan ini suasana sebelum masuk ke dunia Jurrasic World

2 comments:

Alifnisla mengatakan... [ REPLY ]

Congrats kakak udah sampe tahap 3! :D Aku ngikutin dari jaman tes yang pengetahuan umum itu wkwk.

Btw salam kenal ya, aku alif kelas X pengen ikutan AFS jugaa heheheh :D blognya bagus kak, soft dan adem, sukaakk!~~

Mutiara Nurul I mengatakan... [ REPLY ]

gapapa kalo belom lolos, mungkin Allah emang udah persiapin hal yang lebih indah dan lebih baik lagi buat kamuu /cielah hehe. tapi, percayalah udah nyampe tahap 3 itu keren banget loh. kali aja pas kuliah bisa di luar negeri ya, hehe..

 

© 2011 - 2019 Risnandha Hermawati | Powered by Blogger